Istilah - Istilah Teknologi Informasi (B)

Kamis, 09 September 2010

1. Back Office : Perangkat lunak dan perangkat keras yang membantu perkantoran dalam menjalankan berbagai aktifitasnya; Suatu bundel software dari Microsoft untuk pengelolaan jaringan.

2. Back-up : Cadangan; Backup file = file cadangan; Metode untuk menyimpan copy  dari data-data penting jika terjadi kehancuran pada data sehingga data yang sebelumnya sudah di-backup dapat dikembalikan ke kondisi  sebelum hancur/rusak.



3. Back-up Server : perangkat lunak dan perangkat keras yang menyalin beberapa file jadi filenya selalu ada dua salinan dalam setiap saat, dan disebut juga server bayangan.

4. Background : Komputer yang menguasai sistem multitasking (dengan O/S Windows, Linux, Unix, BEOS, MAC, dsb) dapat menjalankan banyak program pada satu waktu.

5. Backspace : Tombol untuk menghapus satu karakter ke kiri pada keyboard.

6. Back Web : Sebuah sistem delivery Internet dari BackWeb Tecnologies Inc, San Jose, CA yang menyediakan sebuah platform untuk memompa informasi dari provider kepada para pengguna. Informasi tersebut dapat berupa berita, harga saham dan presentasi multimedia untuk virus baru atau software upgrade. Server BackWeb yang juga dapat digunakan oleh intranet juga bisa menjadi host informasi multichannel.

7. Ball Printer : Printer yang menggunakan bola pencetak, yakni kepala cetak bulat penuh karakter-karakter pada permukaannya.

8. Bandwidth : Besaran yang menunjukkan seberapa banyak data  yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Lebar pita atau kapasitas saluran informasi. Kemampuan maksimum dari suatu alat untuk menyalurkan informasi dalam satuan waktu detik.

9. Barcode : Garis-garis hitam yang dibuat menurut kode tertentu, umumnya digunakan sebagai identifikasi terhadap suatu objek atau barang.

10. Barcode Scanner : Alat yang mampu membaca balok-balok bar code ke dalam bentuk alfanumerik.

11. Base : Biasanya digunakan sebagai landasan dasar suatu bilangan, disebut juga dengan bilangan dasar atau basis. Misalnya bilangan desimal memiliki basis 10, yaitu 0 sampai dengan 9. Bilangan binary  memiliki basis 2, yaitu 0 dan 1.

12. Base Address : Merupakan basis yang dapat dipakai sebagai titik tolak untuk menghitung lokasi suatu byte  dari data.

13. Basic : Singkatan dari Beginner`s All-purpose Symbolic Instruction Code. Bahasa pemrograman yang berjalan di bawah sistem operasi DOS, dirancang untuk digunakan para programmer pemula dari terminal interaktif. Versi BASIC ada bermacam-macam, antara lain BASICA, Turbo Basic dari Borland dan Quick Basic dari Microsoft.

14. Basic Input Output System : Disingkat dengan BIOS. Suatu program di ROM yang menghubungkan perangkat keras dengan sistem operasi. BIOS adalah satu cip yang mempunyai data mengenai keperluan proses bagi proses komputer. Contoh : Harddisk, CD, CPU dan RAM perlu dikenal terlebih dahulu sebelum data tersebut disimpan pad BIOS. Kerja-kerja ini akan dilakukan oleh BIOS.

15. Basic Software : Software yang dibuat oleh pabrik pembuat hardware untuk membantu pengolahan data dengan hardware yang bersangkutan.

16. Batch File : File teks yang berekstension .BAT, dan dapat dieksekusi langsung dari DOS.

17. Batch System : Sistem  yang memproses data dalam diskrit bukan secara interaktif atau real time, melainkan dengan operasi  yang dijadwalkan sebelumnya.

18. Barkeley Software Distribution : Disingkat dengan BSD. Versi dari sistem dari distribusi UNIX yang pertama kali memasukkan dukungan TCP/IP.

19. Beta : Dalam dunia pemrograman software, beta adalah tahap akhir penyempurnaan software. Software yang berstatus beta kemungkinan besar masih memiliki bug di dalamnya.

20. Binary : Dalam matematika berarti penomoran yang berbasis dua misalnya menggunakan angka nol dan satu, atau on dan off. Data  ini merupakan inti dari instruksi-instruksi mesin  komputer dan perangkat berbasis digital  lainnya; Dalam format file, adalah berupa file yang berbentuk format apapun untuk data digital yang disusun berdasarkan kode  bit  dan bukan merupakan data yang bisa dicetak langsung (printable text). Istilah ini kadangkala disebut juga dengan machine code; Di dalam pemrograman, binary merupakan deskripsi dari operator yang diambil dari dua argumen.

21. Bit : Merupakan singkatan dari binary digit. Satuan terkecil dalam hitungan biner. Satu bit menunjukkan kuantitas dasar yang mewakili nilai 1 atau 0 ( atau on / off dsb).

22. Bitmap : Disingkat dengan BMP. Suatu format file atau ekstensinya untuk format file grafis bit mapped windows yang menyimpan citra sebagai grid titik-titik atau pixel. Dalam windows atau DOS suatu file bitmap akan diberi nama seperti : image01.bmp, dimana dibelakang titik (.) ada ekstensi bmp. File dengan nama seperti ini menunjukkan file jenis bitmap.

23. Block Code : Kode blok. Mengklarifikasikan item ke dalam kelompok blok tertentu yang mencerminkan satu klasifikasi tertentu atas dasar pemakaian maksimum yang diharapkan.

24. Blogger : penulis catatan harian di internet  atau halaman web. Blogger ini merupakan pengguna internet yang rajin mengisi weblog.

25. Bluetooth : Standard wireless networking yang diluncurkan pada dasarnya adalah menggunakan hubungan radio jarak dekat atau short-range radio link untuk pertukaran informasi, sehingga hubungan antar hp, mobile PC, PDA, dan lainnya dapat dilakukan tanpa gangguan kabel atau wireless.

26. Bookmarks : Merupakan fasilitas pada web browser untuk menyimpan alamat-alamat yang dianggap penting bagi penggunanya, sehingga jika alamat tersebut akan dikunjungi ulang, maka cukup mengambilnya dari alamat yang telah disimpan tersebut.

27. Boolean : Nilai yang menghasilkan benar atau salah. Dalam banyak bahasa pemrograman, disediakan langsung data  bertipe ini, dengan memberikan nilai awal benar atau salah. Dalam beberapa bahasa pemrograman lainnya, digunakan data integer  untuk mengimplementasikan nilai ini, dengan 0 yang berarti salah, dan {not 0} bernilai benar.

Sumber : http://www.total.or.id

By : Amalia Istiqomah (109533427363) ; Erviando Merandi Putra (109533427366) || S1 PTI ’09 – OFF B

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Artikel yang bagus :D
tukeran link ya, blog q juga tentang IT nih ^^
http://satriaskyterror.wordpress.com/

amaLameLia mengatakan...

0kay0kay.. terimakasih y... ^^

Posting Komentar