Resume Pengantar Teknologi Informasi 1

Kamis, 02 September 2010

Informasi merupakan data yang saling berhubungan dan telah diproses. Data merupakan kumpulan fakta yang diperlakukan sebagai Raw Materials (Bahan Baku). Jenis - jenis data bisa berupa teks, gambar, audio/suara, dan video. Informasi bisa bersifat Perfect dan Imperfect. Perfect disini yang dimaksud adalah Sempurna atau Pasti dan Bisa dibuktikan. Sedangkan informasi yang bersifat Imperfect adalah informasi yang tidak sempurna atau belum tentu benar adanya dan belum tentu dapat dibuktikan.

Informasi bisa didapat dari berbagai sumber. Misalkan, biasanya orang - orang melakukan observasi, kuesioner atau pembagian angket, kejadian (bisa dengan mencatat ataupun merekam), pemodelan, media massa, media elektronik dan sebagainya. Informasi yang baik memiliki karakteristik sebagai berikut :
1. Tepat Waktu
2. Akurat
3. Mudah Diakses
4. Menghilangkan Keraguan
5. Berhubungan
6. Berdasarkan Fakta

Evolusi Abad Informasi dan Karakteristik Abad Informasi :
1. Aspek Abad Pertanian (Sebelum 1800)
    Bertani, Menggunakan tenaga manusia.
    Pekerja : Petani
    Peralatan : Tangan
2. Aspek Abad Industri (1800-1957)
    Bekerja di Pabrik, Menggunakan tenaga manusia dan mesin.
    Pekerja : Pegawai Pabrik
    Peralatan :Mesin
3. Aspek Abad Informasi (1957-sekarang)
    Pekerja : Pekerja terdidik
    Peralatan : Teknologi Informasi
4. Masyarakat Informasi
    Suatu masyarakat dimana lebih banyak orang bekerja dalam bidang penanganan informasi daripada bidang pertanian dan industri
5. Karakteristik Abad Informasi
    a. Munculnya masyarakat berbasis informasi
    b. Bisnis tergantung pada TI
    c. Adanya transformasi proses kerja
    d. Re-engineers proses bisnis yang konvensional
    e. Keberhasilannya bergantung pada efektivitas pemanfaatannya
    f. TI melekat pada banyak produk & pelayanan  

Teknologi Teknologi adalah Ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan mengaplikasikan pengetahuan saintifik ke praksis. Serta merupakan aplikasi praksis dari sains dalam industri atau bisnis. Teknologi Informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas penyebarannya, dan lebih lama penyimpanannya. Tujuan Teknologi Informasi adalah untuk memecahkan masalah, membuka kreatifitas, efektifitas dan efisiensi.

Teknologi Informasi sangat diperlukan karena adanya kompleksitas tugas manajemen, pengaruh globalisasi, perlunya respons time cepat, tekanan persaingan bisnis serta peningkatan layanan. Berikut ini adalah Komponen Teknologi Informasi
1. Hardware : komponen fisik suatu komputer
2. Software    : sekelompok item atau objek yang membentuk “konfigurasi” dimana di dalamnya termasuk program, dokumen, dan data
3. Brainware    : manusia yang mengoperasikan sebuah kimputer
4. Firmware    : perangkat lunak yang “ditanamkan” ke dalam perangkat keras secara semi permanen. Contohnya adalah Bios.
5. Infoware, contohnya adalah user manual, SOP, cyber.

Teknologi Informasi banyak kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, tanpa terkecuali apapun profesi kita. Diantara bidang yang memerlukan Teknologi Informasi diantaranya adalah:
-    Kesehatan
-    Perbankan
-    Perpajakan
-    Pendidikan
-    Perindustrisn
-    dll

0 komentar:

Posting Komentar